Rabu, 22 Januari 2020

SEIKO YACHT TIMER 7A28-7090

    Revolusi besar dalam Industri Arloji abad ke-20 dimulai pada minggu terakhir tahun 1969 dengan diluncurkannya Seiko Quartz-Astron oleh SEIKO, yang di klaim sebagai arloji quartz pertama di dunia. Melalui Arloji dengan tekhnologi Quartz, seiko dihantarkan pada puncak kejayaan dalam industri arloji di era 1970an, pun hal ini lah yang menggemparkan industri arloji belahan Barat, sehingga akhirnya melahirkan rekonstrusi industri arloji di Swiss.  Pada masa ini, berbagai brand arloji berlomba-lomba untuk menciptakan arloji quartz yang semakin canggih sesuai dengan kebutuhan pasar yang sedang gandrung dengan "Hi-Tech". Tidak lain upaya tersebut juga merupakan cara untuk mempertahankan eksistensi perusahaan, salah satu perusahaan yang melakukan hal ini adalah Hamilton Watch Co., dengan meluncurkan Pulsar LED (Light Emitting Diode), sebuah arloji quartz non analog (langsung memiliki tampi;an angka/digital). 
      Kehadiran tekhnologi LED ini menjadi salah satu ledakan dalam perang antar perusahaan arloji pada quartz-era. Perang ini terus berlangsung hingga awal tahun 1980an, namun ditengah puncak kejayaan arloji LED, Seiko merubah haluan untuk kembali menciptakan arloji quartz analog, tapi kali ini berbeda dari sebelumnya. Arloji Quartz Analog dari Seiko datang dengan komplikasi Chronograph, yakni melalui Kaliber (Cal.) 7A28. Perubahan arah yang dilakukan oleh Seiko tak elak kembali mencatatkan Seiko dalam sejarah industri arloji sebagai "The World,s First Analog Quartz Chronograph" di tahun 1983.
      Cal. 7A28 sendiri terdiri dari tiga sub register yang mampu mengukur Menit (minute), Detik (second), hingga millidetik (millisecond). Ada lebih dari 40 varian yang diluncurkan oleh seiko dengan menggunakan Cal. 7A28 sendiri. Salah satu varian Seiko Cal. 7A28 ini adalah versi YACHT TIMER (7A28-7090). Memiliki model casing yang unik mirip seperti kepala banteng serta dial putih dan warna biru pada sub register menit, menjadikan Seiko Yacht Timer ini berbeda dan paling mecolok dari varian Seiko 7A28 lainnya. Sekilas desainnya mirip seperti jam mainan, namun sebenarnya ini adalah Tool-Watch. Kebetulan Seiko Yacht Timer milik saya ini diproduksi pada Agustus 1983 sehingga masih merupakan generasi pertama dari Cal. 7A28. Senang sekali masih bisa memilikinya.
Untuk melihat koleksi pribadi lainnya, anda dapat mengunjungi instagram pibadi saya di : william_hambuwali. TERIMA KASIH...


Sumber gambar : https://thespringbar.com/blogs/guides/seiko-7a28-collectors-guide/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar